Jual plastik mulsa untuk pertanian tomat merupakan salah satu hal yang dibutuhkan dalam proses budidaya tanaman hortikultura, tak terkecuali tomat. Pasalnya, ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam budidaya tanaman semusim ini, mulai dari pupuk, gulma, sampai hama dan penyakit. Dalam bidang pertanian, istilah mulsa berarti benda yang digunakan untuk menutupi permukaan tanah yang digunakan untuk menanam. Tujuannya adalah untuk melindungi permukaan tanah dari tumbukan air hujan yang mampu menyebabkan erosi. Selain itu, mulsa juga dapat menjaga unsur hara dan pupuk yang diberikan agar tidak mudah hilang karena tercuci oleh air.

Material yang digunakan sebagai mulsa bermacam-macam baik yang sifatnya organik maupun anorganik. Oleh karena itulah mulsa pun dibagi menjadi dua kelompok, yaitu mulsa organik dan mulsa anorganik. Mulsa organik merujuk pada material organik yang digunakan untuk menutupi permukaan tanah tempat budidaya. Contohnya antara lain jerami, sekam, daun kering, dan sebagainya. Sementara itu, mulsa anorganik terbuat dari bahan anorganik alias bahan sintetis yang umumnya berupa plastik. Mulsa plastik inilah yang kerap digunakan oleh petani karena banyaknya keuntungan yang ditawarkan. Tentunya, manfaat yang dapat diperoleh sangat tergantung dari jenis mulsa plastik yang digunakan. Ini karena mulsa plastik dari tempat jual plastik mulsa untuk pertanian tomat terdiri dari beberapa jenis yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan.

Jual Plastik Mulsa untuk Pertanian Tomat dan Keuntungan Penggunaannya

Seperti yang telah disebutkan di atas, penggunaan mulsa terutama mulsa plastik dari tempat jual plastik mulsa untuk pertanian tomat dapat memberikan banyak keuntungan. Salah satunya adalah permukaan tanah menjadi lebih terlindung dari air hujan. Hujan memang mampu memberikan air untuk mendukung pertumbuhan tanaman tomat. Namun, energi yang dihasilkan ketika air hujan tersebut jatuh dan menghantam permukaan tanah dapat menyebabkan rusaknya struktur tanah di permukaan atau lapisan paling atas. Padahal, di lapisan paling atas itulah bahan organik berkumpul dan menjadi sumber unsur hara bagi tanaman. Artinya, apabila lapisan tanah paling atas ini habis karena terkikis oleh air hujan, maka unsur hara yang dapat diserap tanaman pun akan berkurang dan bahkan hilang.

Selain dapat melindungi tanah dari erosi dan menjaga agar kandungan bahan organik di dalamnya tidak hilang, mulsa plastik juga dapat melindungi tanah agar tidak cepat kering. Saat cuaca panas, kandungan air yang ada di dalam tanah akan mudah menguap sehingga kelembapan tanah menjadi semakin berkurang. Akibatnya, tanah pun menjadi cepat kering. Padahal, tanaman membutuhkan air dan kelembapan yang ada di dalam tanah untuk tetap hidup. Karena hal inilah menggunakan mulsa termasuk mulsa plastik untuk menutup tanah atau bedengan tempat budidaya tanaman sangat disarankan. Dengan menggunakan mulsa plastik, air dan kelembapan tanah pun tidak akan mudah hilang sehingga penyerapan air oleh tanaman pun dapat ditingkatkan.

Tak hanya dapat melindungi permukaan tanah dan bahan organik yang ada di dalamnya agar tidak hilang atau berkurang, menggunakan mulsa plastik dari tempat jual plastik mulsa untuk pertanian tomat juga dapat memberikan keuntungan lain. Keuntungan tersebut adalah dapat meringankan tindakan perawatan terhadap tanaman budidaya. Pasalnya, dengan menggunakan mulsa plastik, sebagian besar permukaan tanah akan tertutup plastik sehingga pertumbuhan gulma menjadi terhambat. Akibatnya, Anda pun tidak perlu sering melakukan tindakan perawatan seperti menyiangi gulma.

PT. Kapuk Mas Agung Abadi adalah Pabrik Plastik di Indonesia yang menjual produk-produk plastik seperti Tali Rafia, Plastik Cor, Plastik Sampah, Plastik Mulsa, Plastik Singkong, Kantong Mayat, Karung Plastik, Geotextile Non Woven, Geomembrane. Untuk informasi lebih lanjut mengenai Plastik Cor merk Urban Plastic, silahkan hubungi melalui: Whatsapp/Mobile Phone: +62811 1721 338 (Ratna) atau https://wa.me/628111721338, atau: Email: info@urbanplastic.id